cerita pendek tentang fable “THE APRIL FOOL’S DAY

The April fool’s day

Tanggal 1 april adalah hari dimana semua otang bisa berbohong dan membuat lelucon sebebas-bebasnya sementara yang dijahili tidak boleh marah. Hari itu adalah hari yang paling disukai oleh si kancil, karena pada hari itu ia bisa menjahili semua hewan dihutan tanpa harus kena marah. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya ia membuat kesal semua hewan dihutan tersebut pada tanggal 1 april, dan setelah ia berhasil menjahili ia akan berteriak “happy april mop”.

Malam itu sikancil tidak bisa tidur karena besok adalah hari april mop, dia sibuk memikirkan apa yang harus dilakukan dan siapa yang akan menjadi korbannya tahun ini.

Keesokan harinya, sepulang dari jalan-jalan menghirup udara segar dihutan itu, ia terkejut karena bagian depan rumahnya terbakar.

“tolong…tolong…” kancil berlari-lari mencari hewan lain untuk membantunya memadamkan api.

“ada apa kancil? Kenapa kamu berlari-lari?” Tanya seekor kera dari atas pohon.

“seseorang telah membakar rumahku” jawab kancil

“kau piker aku akan percaya kancil? Aku tahu hari ini tanggal 1 april, kau pasti berbohong. Happy april mop, kancil!!” kata kera sambil berlalu.

Kancil sangat kebingungan karena semua hewan yang ia mintai pertolongan mengatakan hal yang sama seperti yang dikatakan kera “happy april mop”. Akhirnya sikancil menyerah dan pergi meninggalkan rumahnya. Ia berpikir tidak mungkin ia bisa memadamkan api sendirian, hal itu akan menguras tenaganya saja.

“hei kancil!!” teriak seekor burung hantu yang mengagetkan kancil. “kamu terlihat sedih, ada apa?”

“rumah ku terbakar” jawab kancil singkat.

“aku tahu hari ini tanggal 1 april, apa itu bagian dari rencanta april mop mu?” Tanya burung hantu sambil tertawa. “aku tidak akan tertipu, Happy april mop kancil”.

“huft” kancil mendengus kesal.

“mala mini raja hutan mengadakan pesta, pergilah kesana, dan makanlah sebanyak-banyaknya” kata burung hantu menjelaskan maksudnya kepada kancil.

“baiklah, aku akan datang” jawab kancil singkat.

***

Malamnya, kancil pun pergi ke pesta singa si raja hutan, diperjalanan ia bertemu dua ekor macan yang kelaparan.

“hei kancil, mau kemana kamu” Tanya seekor macan sambil meneteskan air liurnya.

“makanlah aku! Aku sudah bosan hidup” kata kancil pasrah.

“apa ini bagian dari the april fool’s day kancil?” Tanya macan.

“sudahlah ayo kita pergi, kalau kita makan dia, kita akan kekenyangan dan tidak bisa makan-makanan lezat dari raja singa” kata macan yang satunya, sambil pergi diikuti temanya. “happy april fool’s day” kata mereka.

***

Sesampainya kancil disana,pesta sudah dimulai dan tibalah acara pidato sang raja.

“hai para rakyatku, hari ini aku sedang berbahagia. Dan aku akan mengabulkan satu permintaan dari kalian semua. Silahkan tulis permintaan kalian dikertas dan masukkan kedalam box itu” kata raja singa sambil menunjuk sebuah box yang diletakkan dipojok. “aku akan mengundinya nanti” kata raja.

Semua yang hadir disitu menuliskan permintaan mereka masing-masing. Dan tidak ketinggalan pula si kancil.

Setelah semua hewan memasukkan kertas mereka ke dalam box raja pun segera mengundinya.

“dan….. hewan yang beruntung adalah….” Semua hewan berharap-harap cemas “si kancil” teriak raja “dengan permintaan ‘AKU INGIN RUMAHKU DIPERBAIKI’ baca raja hutan.

“tunggu raja” tiba-tiba seekor tupai berteriak “hari ini tanggal 1 april baginda! Bagaimana kalau sikancil sedang mengerjaimu? Dan ia akan berteriak Happy April fool’s day” kata tupai itu.

Raja singa pun berpikir “hmm, tahun lalu kancil telah mengerjaiku mentah-mentah. Aha!” raja hutan mendapak ide untuk membalas perbuatan kancil tahun lalu.

“hai kancil, tahun lalu kau sudah mengerjaiku, sekarang terima lah takdirmu!”kata raja “rakyatku, mala mini kalian semua akan menikmati daging bakar si kancil…-pengawal ikat dan bakar sikancil”. Seru raja.

Sikancil pun menggigil ketakutan, otaknya sudah buntu, ia hanya bisa pasrah. Kancil pun diikat. Setelah kancil siap dibakar, raja membisikkan sesuatu di telinga pengawal, lalu pengawal membisikkannya ke telinga kera, kemudian kera membisikkannya ketelinga burung hantu. Sampai semua hewan disitu menerima apa yang dikatakan raja melalui bisikan dari telinga ke telinga.

Tubuh kancil bergetar hebat, ia menutup matanya saat salah seorang pengawal mulai menghitung. “satu…dua… ti…”

“happy april fool’s day kancil” seru semua hewan disitu.

“hahaha” semua hewan tertawa terbahak-bahak melihat tampang kancil yang ketakutan.

“sebenarnya rumah kamu tidak terbakar kancil, aku hanya membakar ranting-ranting yang aku kumpulkan semalam didepan rumahmu” kata kera meminta maaf. “aku hanya ingin mengerjaimu… Happy april fool’s day kancil” kata kera tertawa terbahak-bahak.

Akhirnya kancil hanya bisa mendengus kesal, dan harus menahan malu karena semua hewan disitu menertawakannya. Kancil sudah kena batunya.

Pesan moral: kita akan menuai apa yang kita tanam, jika kita menanam kebaikan, kita akan menuai kebaikan. Dan begitu pula sebaliknya.

Penulis: Mujawaroh Annafi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s