nah,, buat teman-teman yang gak pengen nyakitin perasaan sahabatnya,, ni ada tips2nya…

Tips dalam berteman

Beberapa hal yang membuat sahabat atau teman tidak nyaman dengan kita. Mungkin tanpa kita sadari kata-kata itu begitu saja keluar dari mulut kita dan sahabat/teman akan merasa tersinggung akan kata-kata yang kita ucapkan. Nah dibawah ini ada sedikit tips agar sahabat atau teman  tidak tersinggung.

–          Jangan sering-sering membicarakan kekurangan dia (sahabat) (mengolok-olok) ketika bercanda, kecuali kalau dia meminta pendapat kamu atau karena sesuatu yang memang harus dibicarakan.

Contoh : “ih kamu gendut banget sih, pengen deh kayak kamu. Bagi-bagi dong daging nya.”

Mungkin dia akan tersenyum mendengar kata-kata kamu, tapi dalam hatinya ia sedih. Tanpa kita ingatkan pun pasti ia sudah menyadari kekurangannya itu, tak perlu terus-menerus diingatkan.

–          Ketika kamu sedang memuji sahabatmu, jangan ada kata-kata yang tampak mengejek. Mungkin kamu tidak menyadarinya tapi sahabatmu pasti tahu itu.

Contoh : “selamat ya kamu dapat juara. Enak ya dirumah tidak ada kerja, jadi bisa belajar serius. Tidak seperti aku ini”.  “waw kuku kamu cantik ya, kalau aku tak bisa manjangin kuku kayak kamu, soalnya aku kan banyak kerja dirumah”.Kata-kata yang digaris bawahi merupakan kata-kata dengan nada seolah-olah kamu tidak menghargai usaha sahabatmu. Jika kamu ingin memuji, pujilah tapi janga disertai kata-kata mengejek meskipun kamu tidak menyadari bahwa kata-kata itu bersifat mengejek.

–          Saat istirahat jangan sering  mengacuhkannya, apalagi jika saat ulangan kamu sering mencontek dengan dia, hal ini akan menyebabkan sahabat kamu berpikir bahwa dia hanya dimanfaatkan olehmu.

 

Nah demikian lah tips dari saya, semoga bermanfaat….

oleh: Mujawaroh Annafi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s