Teman vs Pacar
banyak sekali di kalangan muda-mudi yang melanggar kode etik persahabatan yang telah disetujui secara tidak tertulis oleh kalangan muda-mudi. Yang menyatakan bahwa status sahabat selalu lebih tinggi dibandingkan dengan pacar. Namun, pada kenyataanya, seseorang lebih mengutamakan pacar dibandingkan sahabat. Sebagai contoh:
1. Seseorang ketakutan saat sms pacar tidak terbalas, tetapi bersikap biasa saja ketika sms sahabat tidak terbalas.
2. Seseorang akan mengabaikan sahabatnya ketika sedang sms-an dengan pacar.
Nah itulah sedikit contoh tentang pelanggaran kode etik persahabatan. Jika seseorang diberi dua pilihan, pilih sahabat atau pacar, maka secara otomatis dia akan mengatakan “sahabat donk”, meskipun pada kenyataannya tidak demikian.
Ada ungkapan yang sering kita dengarkan:
“sahabat adalah orang yang selalu ada saat kita senang ataupun sedih”(ungkapan ini sering diucapkan meski sering pula diabaikan).
Ada ungkapan lagi: “pacar adalah tempat kita berbagi kebahagiaan dan sahabat adalah tempat berbagi kesedihan. Ungkapan ini jarang diucapkan tapi sangat sering pula dilakukan.
Saya harap anda bukan pelanggar kode etik persahabatan, lebih baik anda tidak mengakui tentang adanya kode etik tsb, dari pada anda melanggarnya. Katakanlah secara jujur “saya lebih mengutamakan pacar saya dibandingkan sahabat saya”.

Iklan