Antara Melihat Dan Mengamati

Melihat Dan mengamati adalah dua hal yang sepintas sama tapi berbeda. Simak lah cerita yang aku ingat Dari novel Sherlock Holmes.

“Aku melihat apa yang kamu lihat, tapi mengapa aku tidak bisa menyimpulkan apa yang Ku lihat. Dan bagaimana kamu menyimpulkannya?” (Kira kira seperti itu yg dikatakan Watson kepada Holmes. Karena saya tidak  ingat bagaimana tepatnya ia mengatakan itu).
“Sobat Ku Watson, kamu malihat apa yang aku lihat, tetapi kamu tidak mengamati apa yang sedang kita lihat.
Contoh : ada berapa jumlah anak tangga yang menuju ruangan kita?”
“Aku tak tahu”.
“Aku mengamatinya Watson, ada 14 anak tangga, apa sekarang kau mengerti?”.

Contoh lain:
“Nafi, kau begitu pintar dalam semua pelajaran, bagaimana caramu belajar.?”
“Kita belajar hal yang sama, diajari oleh guru yang sama, dengan metode pembelajaran Yang sama. Kamu mendengar Dan melihat apa yang kudengarkan Dan kulihat (pelajaran dikelas) tetapi kamu tidak memperhatikan apa yang sebebarnya kau lihat Dan kau dengarkan, itulah sebabnya mengapa setiap murid diajarkan oleh guru yang sama, tetapi memperoleh pengetahuan yang berbeda.”

Nah menurut saya itu sudah jelas kan???

Follow me : @Nnafikyo

Tinggalkan Balasan

