Ekonomi dan Industri kreatif

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi dewasa ini dimana ekonomi ini lebih mengutamakan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejewantahannya.

Dalam seminar yang di taja oleh bertuahpos.com yang menghadirkan Dr. Dudi Sudrajat Abdurrachim, MT, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) provinsi Jawa Barat dimana ia menjelaskan bahwa banyak hal yang bisa di ubah menjadi ekonomi kreatif, jika dulu pendidikan hanya berorientasi kepada pendidikan dan kesehatan berorientasi pada kesehatan, maka saat ini dunia pendidikan dan kesehatan berubah menjadi industri.

Singapura saja misalnya, jika di Indonesia rumah sakit hanya sebatas pelayanan masyarakat, maka di Singapura rumah sakit dijadikan sebagai tempat pariwisata dimana tidak hanya orang sakit yang datang ke rumah sakit, rumah sakit sudah dijadikan gaya hidup bahkan untuk mereka yang tidak sakit. Selain itu rumah sakit di Singapura juga menawarkan perawatan kesehatan kelas satu ditambah lagi dengan kebersihan keindahan yang dibuat dalam satu kemasan sehingga mampu menarik perhatian wisatawan untuk datang ke sana.

Selain itu, melirik di dunia pendidikan yang di jadikan sebagai industri, banyaknya sekolah-sekolah elit internasional milik negara lain berdiri di Indonesia seperti Singapore International School Indonesia, Cambridge International School Indonesia dan lain-lain merupakan contoh dari industri di bidang pendidikan.

Jika berbicara tentang industri rumah sakit dan pendidikan mungkin cakupannya terlalu besar untuk kita, kita persempit dulu tentang industri kreatif yang bisa kita lakukan. Berikut saya beberkan contoh industri kreatif yang mungkin bisa menginspirasi kita, karena kita sama-sama tahu peluang membuka industri ini sangat besar di Indonesia dan hanya mensyaratkan kreativitas, inovasi dan keberanian.

  1. Go Jek

Merupakan layanan ojek hasil kreativitas anak muda Indonesia yang bisa di booking melalui aplikasi GoJek yang bisa di download di smartphone Android atau Iphone. Go Jek sendiri merupakan layanan ojek yang dikemas secara berbeda dan kreatif yang menekankan keunggulan dalam kecepatan, inovasi dan interaksi sosial. Semua pengendara memakai seragam dan helm berwarna hijau berlogo Go Jek, dan berpenampilan rapi. Penumpang diberi masker gratis dan penutup kepala. Go Jek menawarkan jasa kirim barang, beli tiket bioskop atau apapun secara bebas, sehingga penumpang tidak perlu pergi dan cukup menitip ke Go Jek.

  1. Rumah Makan

Rumah makan juga bisa di kemas secara kreatif, bisa saja makanan yang disajikan adalah makanan rumahan yang rasanya biasa-biasa saja tapi memiliki harga yang fantastis dan tetap memiliki banyak pengunjung. Bagaimana melakukannya? Tentunya dengan mengemas semuanya agar terlihat unik dan menarik, hal yang harus diperhatikan adalah tempat, misalnya saja tempatnya di tepi sebuah sungai yang mengalir dibawahnya air yang jernih dengan ikan berseliweran disana, ditambah suasana ruangan yang adem dan nyaman serta enak dipandang ditambah pelayanan yang ramah. Ini seperti perbedaan antara harga sebotol air mineral dibandara dengan sebotol air mineral yang di jual dijalanan, pasti beda kan harganya?

Nah itulah beberapa contoh industri biasa saja yang di kemas secara kreatif dan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda, selain itu saluran industri kreatif sangat bervariasi, mulai dari arsitektur, seni, desain, kerajinan tnagan, fotografi dan lainnya. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang pesat dewasa ini seperti semakin mempermudah untuk memasarkan produk-produk yang ditawarkan, seperti Instagram, Facebook, dan aplikasi-aplikasi lain yang pasti bisa membuat keuntungan semakin berlipat. Ingat! Hasil itu tak pernah menghianati usaha.

Di era digital ini, peluang industri kreatif semakin besar, bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi semakin menjanjikan. Besarnya perhatian masyarakat akan sesuatu uang berbeda, unik dan menarik, tentu menjadi segmentasi pasar tersendiri bagi para pelaku industri kreatif.

Banyak kaula muda yang sangat antusias dalam menjajal segemen industri kreatif besar, terbukti dari banyak nya jumlah peserta seminar yang diadakan oleh bertuahpos.com pada 26 november 2015 yang mencapai lebih dari yang ditargetkan. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki orang-orang yang mau bergerak di bidang industri kreatif sehingga jika orang-orang ini menjalankannya bisa dipastikan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia akan turun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s